[ARTIKEL] Pahami Proses Dalam Seleksi Beasiswa


Usahakan untuk memahami setiap proses dari seleksi beasis­wa. Gunakan jalur resmi untuk memenuhi persyaratan-persyaratannya. Beasiswa LPDP misalnya, semua informasi dan persyaratan dapat dilihat di situs resmi LPDP (http://www.lpdp.kemenkeu.go.id/). Selain itu, setelah membuat akun di sana, kandidat dapat mencicil satu per satu persyaratannya, seperti : LoA, sertifikat IELTS atau TOEFL, surat rekomendasi, KTP, ija­zah, dan sebagainya dalam bentuk elektronik (di-scan) yang diunggah. Akan tetapi, sebelumnya pastikan Anda sudah mengisi data-data profil.

Pada akun LPDP, kandidat juga dapat mengunduh infor­masi-informasi penting (dalam bentuk pdf), seperti daftar kampus tujuan LPDP, panduan manual akun, Q&A (tanya jawab), dan lain-lain. Usahakan untuk memahami setiap informasi yang sudah disediakan. Namun, jika memang masih terdapat kebingungan, Anda dapat mengirim e-mail ke Customer Service LPDP atau melakukan panggilan di call center LPDP (alamat e-mail dan nomor call center bisa dilihat di website).

Tentu akan ada cukup banyak persyaratan teknis yang diminta, seperti SKCK, surat sehat dari RSUD, ataupun su­rat rekomendasi. Itu semua tidak bisa didapat secara kilat karena kandidat harus berinteraksi dengan banyak pihak dalam pengurusannya. Nikmati saja prosesnya, dan lakukanlah dengan jujur - tidak berlaku curang atau menggunakan dokumen palsu.

Komentar