[ARTIKEL] Peran Keluarga


Peran keluarga tentu saja akan sangat membantu dalam menda­patkan beasiswa. Dengan adanya dukungan orangtua. Anda lebih terdorong dan serius untuk membuat persiapan yang lebih matang. Selain itu. dukungan moral dan materi yang sudah diberikan oleh orangtua seolah hal yang harus dibayar dengan pembuktian keberhasilan perjuangan Anda. Namun, ada juga orangtua yang lebih menginginkan anaknya bekerja dahulu agar mapan, ada pula yang menginginkan anaknya untuk cepat berkeluarga atau menikah.

Apapun itu, di sinilah mental dan kemampuan komunikasi seorang anak diuji. Setidaknya Anda harus memberikan pengertian kepada orangtua tentang tujuan atau cita-cita anda dengan sabar agar mereka dapat mengerti.

Jika kita bisa memberikan pengertian yang baik kepada orangtua tentang jalan dan dan cita-cita yang kita pilih, tentunya kita juga akan lebih siap saat menghadapi kesulitan-kesulitan masa depan.

Hal yang harus dicermati juga adalah jangan terlalu terpengaruh dengan banyaknya pendapat dari anggota-anggota keluarga lain. Pendapat itu baik karena berarti anggota keluarga peduli dan perhatian kepada Anda. Akan tetapi, jangan sampai pendapat-pendapat tersebut membuat hati Anda ragu untuk memilih satu jalan. Mungkin sebagian dari mereka ada yang tidak setuju dengan rencana Anda mengambil beasiswa atau ada pula yang menyarankan beasiswa atau kampus lain. Terima dan dengarkan saja pendapat me­reka. Jika nasehat tersebut sesuai dengan tujuan dan cita-cita pribadi, mungkin nasihat itu bisa diimplementasikan.

Komentar