[TIPS] Perhatikan Deadline

"Membuat batasan waktu, merupakan salah satu wujud komitmen seseorang dalam meraih cita-cita."


Orang yang membuat batasan waktu dalam menyelesai­kan sesuatu, otomatis akan terpacu dalam pekerjaannya. Bayangkan ketika pengawas ujian berkata, "lima menit 'lagi." Otomatis pandangan peserta ujian semuanya terfokus pada lembar jawaban dan mereka pun akan memutar otak sedemikian rupa untuk mengandalkan semua wawasannya dalam menuliskan jawaban di kertas ujian. Sadar atau tidak, keterbatasan waktu dapat memberikan tekanan positif ke­pada individu yang sedang mengerjakan sesuatu. Ini juga yang mengingatkan kita untuk tidak menyia-nyiakan waktu sehingga dapat melakukan sesuatu semaksimal mungkin dalam waktu yang tersisa.

Untuk memenuhi persyaratan serta persiapan-persiap­an lain sebelum seleksi beasiswa, alangkah baiknya Anda membuat daftar periksa ( checklist) dengan mencantumkan batasan waktu yang jelas, ini merupakan hal sederhana yang bisa dilakukan oleh semua orang, namun akan sangat berpengaruh secara psikologis terhadap tindakan dan lang­kah-langkah yang mereka lakukan. Daftar periksa jelas akan mendorong seseorang agar lebih terstruktur dan dalam melengkapi setiap persyaratan.

Selain itu, yang perlu diperhatikan juga adalah seberapa lama hal-hal di dalam daftar periksa bisa dikejar. Persyaratan teknis seperti SKCK dan surat sehat tentu bisa didapatkan dalam satu hari, sedangkan LoA bisa saja satu rninggu hingga dua bulan. Hal itulah yang menjadi pertimbangan dalam memprioritaskan hal-hal yang berkaitan dengan persyaratan. Sebaiknya kejar dulu persyaratan yang memakan waktu yang cukup lama seperti : persiapan untuk tes bahasa Inggris, rekomendasi dosen, dan LoA. Setelah itu, baru kejar persyaratan teknis lainnya. Dan tentu yang perlu diperhatikan pertama sekali adalah tenggat waktu pendaftaran beasiswa. Kandidat harus menyiapkan semua persyaratan, yang diminta dan mengunggahnya ke Sistem LPDP sebelum batas waktu pendaftaran berakhir.

Komentar