[TIPS] Sudah Anda Penuhi Persyaratan Beasiswa Anda?


Perhatikan syarat dokumen dalam seleksi administrasi bea­siswa LPDP, seperti SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian), paspor (apabila kuliah ke luar negeri), dan surat kete­rangan sehat dari Rumah Sakit tertentu. Dokumen-dokumen tersebut tidak sulit diperoleh selama Anda memenuhi kelengkapan syarat pembuatannya. Anda hanya perlu bersabar sebab prosesnya tidak seketika. Seperti dalam pembuatan SKCK, salah satu syaratnya adalah surat keterangan lurah sehingga Anda perlu bertemu ketua RT terlebih dulu untuk meminta surat pengantar, lalu baru diproses di kepolisian. Untuk se­tiap dokumen tersebut, paling tidak perlu waktu satu hari untuk mengurusnya. Oleh karena itu, Anda perlu memperhi­tungkan waktu untuk mengurus semua kelengkapan doku­men agar bisa memenuhi batas waktu pengumpulan.

Persyaratan teknis lainnya yang sangat penting adalah esai atau tulisan dengan judul tertentu. Beasiswa LPDP sendiri mensyaratkan tiga esai untuk seleksi administrasi: 1) Peranku (yang sudah/sedang/akan) bagi Indonesia; 2) Kesuksesan terbesar dalam hidupku; dan 3) Rencana Studi. Esai-esai tersebut sangat menentukan tingkat keberhasilan dalam seleksi administrasi dan juga wawancara. Pihak peni­lai ingin mengetahui karakter, rencana, serta program studi yang diambil kandidat dan akan menguji hal tersebut saat wawancara. Promosikan kualitas diri Anda dengan menulis esai secara jujur dan poles sebaik-baiknya.

Untuk kandidat yang mengambil S2 by research atau S3 (Ph.D.) sudah pasti akan diminta membuatkan proposal riset untuk mendapatkan LoA (Letter of Acceptance) dari kampus yang dituju. Ada juga beberapa lembaga beasiswa yang mensyaratkannya dan proposal tersebut pasti akan menjadi bahan pertimbangan dan diuji saat wawancara oleh pihak penilai beasiswa. Sebaiknya proposal riset sudah diterima dan disetujui oleh supervisor, kemudian baru diserahkan sebagai persyaratan beasiswa. Yang perlu diperhatikan juga dalam pembuatan proposal riset adalah apakah topik mau­pun output-nya dapat berperan dalam menjawab permasa­lahan yang sedang hangat atau dampaknya dapat dirasakan orang banyak di masa depan. Oleh karena itu, sangat pen­ting bagi Anda untuk selalu mengikuti perkembangan terkini mengenai bidang ilmu yang Anda tekuni serta mengetahui bidang ilmu atau topik yang diprioritaskan oleh lembaga beasiswa tersebut.

Komentar